1. Apa yg dimaksud dengan shader ?
Shader adalah sebuah program yang digunakan
dalam 3D software tertentu ( softimage ) dalam proses special rendering.
Biasanya shader diperlukan untuk memenuhi kebutuhan special effect tertentu
seperti lighting effects, atmosphere,fog dan sebagainya.
2. Sebutkan & jelaskan jenis-jenis shader
!
Anisotropic adalah material dengan highlight
berbentuk ellipse.Biasanya digunakan untuk benda dengan bentuk memanjang.
Blin adalah material yang mensimulasikan efek
logam.
Metal adalah material yang mensimulasikan efek
logam.
Multi Layer adalah material dengan highlight
berlapis dan lebih kompleks dibandingkan Anisotropic.
Oren Nayar Blinn adalah material yang sedikit
redup dan rata dibandingkan blinn,misalnya untuk karpet.
Strauss adalah material dengan permukaan metalik
atau non metalik,namun dengan pengaturannya yang lebih sederhana dibandingkan
jenis lainnya.
3. Apa yg dimaksud dengan face map ?
Face Map dalam keadaan mati,map akan digambar pada satu
objek.Dalam keadaan aktif,map akan digambarkan di setiap permukaan object.
4. Apa yg dimaksud dengan 2-sided ?
2 sided mengaktifkan material dua sisi,objek dirender pada
bagian luar dan dalam di setiap sisinya.Hanya berpengaruh pada material yang
tembus pandang,yaitu wire dan transparan.
5. Apa yg dimaksud dengan faceted ?
Merender objek dengan segmen-segmen yang tajam atau
tegas,sehingga objek seolah-olah terdiri dari kumpulan permukaan datar.
6. Apa yg dimaksud dengan :
ambient : Warna objek yang terjadi di
area bayangan.Dapat dikatakan,ambient adalah area yang tidak terkena cahaya.
diffuse : Warna objek yang terjadi akibat
adanya cahaya.Dapat dikatakan,bahwa diffuse merupakan warna yang sebenarnya
atau warna asli dari objek.
specular : Warna objek pada are yang
berkilau atau mengkilat,sering disebut highlight. Lokasi gambar tergantung dari
lokasi sumber cahaya
self illumination : Memilih map untuk
mengontrol tingkat iluminasi pada bagian-bagian objek.Semakin terang warna
pixel,semakin terang pulang iluminasi pada bagian objek tersebut.
opacity : Memilih map untuk mengontrol bagian yang
transparan.pixel hitam akan menciptakan area yang transparan penuh,pixel putih
akan menciptakan area yang padat,dan warna selain itu akan menciptakan area
semi transparan.
7. apa yg dimaksud dengan falloff ?
Mengatur cakupan area yang dipengaruhi oleh soft selection,dari
titk pusatnya (sub-object terpilih).
8. jelaskan mengenai falloff in & falloff
out !
Falloff in : Mengatur cakupan area yang
dipengaruhi oleh soft selection,dari titk pusatnya (sub-object terpilih) yaitu
bagian tengah (In) objek.
Falloff out : Mengatur cakupan area yang dipengaruhi oleh
soft selection,dari titk pusatnya (sub-object terpilih) yaitu bagian pnggir
(out) objek.
9. jelaskan pilihan yg ada pada pilihan
berikut ini !
filter : Memilih map untuk yang akan
dicampurkan pada latar belakang material transparan.
subatractive : Menentukan map/warna yang terjadi saat terhalang oleh material transparan berupa warna/map yang lebih gelap.
additive : Menentukan map/warna yang terjadi saat terhalang oleh material transparan berupa warna/map yang lebih terang.
subatractive : Menentukan map/warna yang terjadi saat terhalang oleh material transparan berupa warna/map yang lebih gelap.
additive : Menentukan map/warna yang terjadi saat terhalang oleh material transparan berupa warna/map yang lebih terang.
sumber :
http://www.slideshare.net/Agustonce13/modul-3-d-max-elementry
http://kampusperadaban.blogspot.com/2011/10/membuat-material-gelas.html
http://adekuswoyo.blogspot.com/2011/04/grafik-komputer-1.html
http://www.slideshare.net/Agustonce13/modul-3-d-max-elementry
http://kampusperadaban.blogspot.com/2011/10/membuat-material-gelas.html
http://adekuswoyo.blogspot.com/2011/04/grafik-komputer-1.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar