Pengertian
Desain Grafis
Ilmu
Grafis Referensi Desain tentang Pengertian Desain Grafisberasal dari pustaka.
Desain Grafis berasal dari 2 buah kata yaitu Desain dan Grafis, kata Desain
berarti proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak
atau merancang. Sedangkan Grafis adalah titik atau garis yang berhubungan
dengan cetak mencetak. Jadi dengan demikian Desain Grafis adalah kombinasi kompleks
antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan
pemikiran khusus dari seorang individu yang bias menggabungkan elemen-elemen
ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna
dalam bidang gambar.
Desain Grafis itu sendiri merupakan cabang dari ilmu seni Desain
yang dalam perkembangannya dibantu oleh computer dalam mendesain sebuah object.
Orang yang bekerja dalam bidang ini disebut dengan Desainer. Seni disain grafis
mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi,
ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak. Gambar maupun tanda
yang digunakan bisa berupa tipografi atau media lainnya seperti gambar atau
fotografi.Desain grafis umumnya diterapkan dalam dunia periklanan, packaging,
perfilman, dan lain-lain.
Seni disain grafis mencakup kemampuan
kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi,
ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.
Perancang grafis atau sering disebut dengan desainer Grafis
(bahasa Inggris: Graphic Designer) adalah profesi yang menciptakan
ilustrasi, tipografi, fotografi,
atau grafis motion. Seorang desainer grafis menciptakan karya untuk penerbit,
media cetak dan elektronik, seperti brosur dan mengiklankan produk. Mereka
bertanggung jawab untuk sebuah tampilan agar tampak menarik, yang bisa
diaplikasikan dalam berbagai bentuk materi promosi yang berkaitan dengan produk
dan publik.
Perancang
Grafis bertugas untuk menyampaikan sebuah informasi yang diinginkan oleh produk
/ klien dalam bentuk desain yang menarik. Seorang Desainer harus memiliki
minimal 7 ( tujuh ) Dimensi Keilmuan yaitu :
Wawasan Teknologi
Wawasan Sains
Wawasan Seni
Wawasan Sosial Dan Budaya
Wawasan Filsafat Dan Etika
Point satu sampai lima digunakan
untuk mengetahui cakupan hasil karya yang dituju sesuai dengan target tertentu.
Kemampuan olah nirmana
Dipakai untuk membuat hasil karya grafis yang menarik sekaligus mempunyai
fungsi dan manfaat yang sesuai.
Software Desain Grafis
Digunakan untuk menerapkan kreasi ide grafis pada media elektronik sehingga
dapat dibuat massal atau untuk kebutuhan krusial lainnya. (artikel lengkap ada
dikemampuan wajib desainer grafis)
Banyak sekali software-software yang
digunakan dalam dunia Desain Grafis diantaranya adalah : Adobe Photoshop, Corel Draw, Ilustrator dan lain
sebagainya… sehingga seorang Desainer Grafis dapat memilih software andalannya
dalam mengerjakan project Designnya.
PERMODELAN GRAFIS
Pemodelan grafis. sebelum menjalar ke
konsep 2D dan 3Dnya terlebih dulu kita pahami dulu arti dan pengertian dari
pemodelan grafis. Pemodelan grafis adalah Transformasi dari suatu konsep (atau
suatu benda nyata) ke suatu model geometris yang bisa ditampilkan pada suatu
komputer bisa dalam shape/bentuk, posisi, orientasi, surface, properties,
volumetric, properties dan lights. intinya menciptakan pemodelan matematika dari
objek 2D dan 3D.
2 Bentuk dari Grafik Komputer:
Grafik komputer 2D; merupakan bentuk dari benda yang memiliki
panjang dan lebar. Grafik 2 Dimensi menggunakan teknik penggambaran dimana
memiliki patokan titik koordinat sumbu x (datar) dan sumbu y (tegak).
Grafik komputer 3D merupakan bentuk dari benda yang memiliki
panjang, lebar, dan tinggi. perbedaan dengan grafik 2D pada pemodelan 3D
memiliki 3 titik kordinat yakni titik x, y, dan z. Representasi dari data
geometrik 3 dimensi sebagai hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya
terhadap grafika komputer 2D. Tiga Dimensi, biasanya digunakan dalam penanganan
grafis. 3D secara umum merujuk pada kemampuan dari sebuah video card (link).
pemodelan ini juga berfungsi untuk menampilkan efek realistis pada video maupun
game.
2D dan 3D dalam komputer grafik
a. grafik komputer 2D
Grafik komputer 2D adalah sebuah generasi gambar digital
berbasis komputer, yang banyak mengambil objek-objek dua dimensi (2D). Model
Grafik 2D merupakan kombinasi dari model geometri (juga disebut sebagai grafik
vektor), gambar digital (raster graphics), fungsi matematika, dan
sebagainya. Model yang menggunakan 2D
tidak mendukung fenomena 3 dimensi. akan tetapi dapat membuat layer yang ditumpuk
dalam urutan tertentu berdasarkan kedalaman/jarak tertentu. Mereka juga
digunakan pada beberapa video dan games sederhana seperti solitaire, chess,
atau mahjong.
b. grafik Komputer 3D
Grafik 3D merupakan perkembangan dari grafik 2D. Didalam
grafika komputer, 3D merupakan bentuk grafik yang menggunakan representasi data
geometri tiga dimensi. Suatu objek rangka 3D apabila disinari dari arah
tertentu akan membentuk bayangan pada permukaan gambar. Proses pembuatan grafik
komputer 3D dapat dibagi ke dalam tiga fase, yaitu 3D modeling yang
mendeskripsikan bentuk dari sebuah objek, layout dan animation yang
mendeskripsikan gerakan dan tata letak sebuah objek, dan 3D rendering yang
memproduksi image dari objek tersebut.
Animasi adalah suatu rangkaian gambar diam secara inbetween
dengan jumlah yang banyak, bila kita proyeksikan akan terlihat seolah – olah
hidup (bergerak), seperti yang pernah kita lihat film – film kartun di tevisi
maupun dilayar lebar jadi Animasi kita simpulkan menghidupkan benda diam
diproyeksikan menjadi bergerak.Untuk membuat ilusi gerakan tersebut, sebuah
gambar pada layar komputer dengan sangat cepat digantikan oleh gambar lainnya
yang mirip dengan gambar sebelumnya, tapi dengan sedikit perubahan
Animasi komputer adalah seni menghasilkan gambar bergerak
melalui penggunaan komputer dan merupakan sebagian bidang komputer grafik dan
animasi. Animasi semakin banyak dihasilkan melalui grafik komputer 3D, walaupun
grafik komputer 2D masih banyak ada. Kadangkala sasaran animasi adalah komputer
itu sendiri, kadangkala sasaran adalah antara lain, seperti filem. Untuk
menghasilkan gambar pergerakan, image (gambar) dipaparkan pada screen komputer
dan diganti dengan image (gambar) baru yang selaras gambar sebelumnya dengan
pantas. Teknik ini serupa dengan bagaimana gambar bergerak dihasilkan melalui
televi dan film. Animasi komputer 3D pada asasnya merupakan pengganti digit
bagi seni animasi gerak (stop motion); patung animasi dibina pada screen
komputer dan dipasang dengan rangka siber. Kemudian anggota badan, mata, mulut,
pakaian, dan lain-lain bagi patung 3D digerakkan oleh juru animasi. Akhirnya,
animasi dihasilkan.
Kesimpulan
Jadi, perbedaan antara grafik 3D dan 2D secara umum terletak
pada komposisi objeknya. Pada bidang Cartesian, grafik 2D hanya memiliki sumbu
X dan Y, sedangkan grafik 3D memiliki axis X, Y, dan Z. Dimana hal ini membuat
objek grafik 3D memiliki volume atau memiliki isi. Sehingga objek 3D dapat
dilihat dari berbagai macam sudut. Sedangkan Grafik 2D hanya memiliki satu
sudut pandang saja, yaitu sisi yang sejajar dengan posisi si penglihat. Oleh
sebab itu kita tidak dapat melihat bagian belakang maupun samping sebuah objek
2D.
Contoh penggunaan grafik 2D misalnya pada typhography,
cartography, menggambar teknik, periklanan, dll. Sedangkan contoh objek 3D
misalkan benda-benda yang ada di sekitar kita. Contoh lain yang paling sering
menggunakan grafik 2D dan 3D adalah pembuatan animasi dan game seperti yang
telah dijelaskan diatas.
Pengertian Desain Grafis
Dipakai untuk membuat hasil karya grafis yang menarik sekaligus mempunyai fungsi dan manfaat yang sesuai.
Digunakan untuk menerapkan kreasi ide grafis pada media elektronik sehingga dapat dibuat massal atau untuk kebutuhan krusial lainnya. (artikel lengkap ada dikemampuan wajib desainer grafis)
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar