A. Pemodelan Grafis 2D
Untuk membuat desain pemodelan grafis 2D, disini saya
menggunakan CorelDraw. CorelDraw sendiri merupakan program computer
graphic yang berbasis pada vector. CorelDraw sangat baik digunakan untuk
membuat layout untuk media cetak, sampai menciptakan gambar vector yang super
halus dan tajam.
Berikut contoh grafik 2D menggunakan CorelDraw :
2.
RECTAGLE
5.
TEXT
A. Pemodelan Grafis 3D
Grafik 3D
merupakan perkembangan dari grafik 2D. Didalam grafika komputer, 3D merupakan
bentuk grafik yang menggunakan representasi data geometri tiga dimensi. Suatu
objek rangka 3D apabila disinari dari arah tertentu akan membentuk bayangan
pada permukaan gambar. Proses pembuatan grafik komputer 3D dapat dibagi ke
dalam tiga fase, yaitu 3D modeling yang mendeskripsikan bentuk dari sebuah
objek, layout dan animation yang mendeskripsikan gerakan dan tata letak sebuah
objek, dan 3D rendering yang memproduksi image dari objek tersebut.
Berikut
beberapa contoh pembuatan object 3D mengguanak AutoDesk Maya 2013 :
1. Cylinder
2. Sphere
3.
Torus
4.
Plane
Menggandakan Objek Menggunakan 3ds Max
A. Menggandakan Objek
Dengan Metode Clone, yaitu merupakan salah satu fasilitas untuk
menggandakan objek.
1. Buatlah sebuah objek
Teapot atau objek apapun didalam Top ViewPort
2. Pilih Objek yang akan
di cloning
3. Klik menu Edit lalu pilih Clone.Setelah itu muncul kotak dialog Cloning yang memberikan pilihan metode apa yang diinginkan dari objek yang dikloning
3. Klik menu Edit lalu pilih Clone.Setelah itu muncul kotak dialog Cloning yang memberikan pilihan metode apa yang diinginkan dari objek yang dikloning
4. Pilih salah satu
metode misalnya Copy,Kemudian Klik Ok
Copy
: Objek yang dihasilkan merupakan objek terpisah yang saling berdiri sendiri
tidak saling berhubungan.Objek yang dihasilkan dapat diubah paramternya seperti
objek asal
Instance
: Objek yang dihasilkan memiliki hubungan timbal balik,artinya jika objek
parameters dari objek hasil clone maka objek asal juga akan mengalami perubahan
pada objek asal,maka objek hasil clone akan mengalami perubahan
Reference
: Objek yang dihasilkan masik memiliki hubungan dengan objek asal.Haya saja
hubungan ini tidak timbal balik.Jika adanya perubahan pada objek asal maka
objek hasil clone akan mengalami perubahan.Akan tetapi tidak sebaliknya.objek
hasil clone tidak memiliki paramaters sehingga tidak bisa dilakukan perubahan
terhadap hasil clone.
B.
Mirror
Merupakan fasilitas 3ds
max untuk menggandakan objek dengan cara mencerminkan objek tersebut
Langkah-langkahnya yaitu
;
1. Buatlah objek yang
akan dibuat Mirror
2. Pilih Objek yang akan
dibuat Mirror
3. Klik menu Tools lalu
pilih Mirror
4. Setelah itu akan
muncul kotak dialog dari Mirror
-
Mirror Axis : Merupakan pilihan sumbu yang akan dijadikan acuan hasil dari
Mirror
-
Clone Selection: Metode penggandaan objek seperti halnya pada perintah Clone
5. Pada kotak dialog
diatas pilihlah salah satu Mirror Axis yang merupakan letak objek hasil metode
mirror
6. Ubah nilai pada kotak
offset menjadi 40,yang merupakan jarak antarar objek asal dengan objek hasil
clone.Kemudian pilihlah salah satu metode jarak antara objek asal dengan objek
hasil clone. Kemudian pilihlah salah satu metode clone selection yang
ingin digunakan.setelah itu klik Ok untuk mengakhiri.
C. Array
Fasilitas didalam 3ds
Max yang digunakan untuk memperbanyak objek dalam jumlah lebih dari satu..Objek
tersebut dapat digandakan dalam jumlah tertentu sesuai dengan kebutuhan
Ada 3 Dimensi metode yang digunakan untuk penggandaan objek dengan Array;
Ada 3 Dimensi metode yang digunakan untuk penggandaan objek dengan Array;
-Array 1D
-Array 2D
-Array 3D
Array 1D
Metode ini objek akan
digandakan searah.Langkah-Langkah yaitu :
1.Buatlah sebuah objek
yang akan dibuat array misalnya Sphere
2..Klik select
objek lalu pilih objek sphere tersebut
3.Klik menu Tools lalu
pilih Array
4.Maka akan muncul kotak
dialog seperti pada gambar dibawah ini
5. Isilah kotak Totals X
dengan nilai 200
6. Pada Array Dimension
pilih ID dengan count=6,kemudian pilihlah salah satu metode penggandaan objek
pada kelompok pilihan Type of Object
7.Klik Ok untuk
mengakhiri
Array 2D
Merupakan salah satu
metode penggandaan objek terhadap dua sumbu .
Langkah-langkahnya
yaitu ;
1.Buatlah sebuah objek
Teapot pada top Viewport
2.Klik select
objek lalu pilih objek Teapot tersebut
3.Klik menu Tools lalu pilih
Array
4. Setelah itu akan muncul kotak dialog seperti gambar dibawah ini
5. Klik tombol 2D pada
Array Dimension,kemudia ubah nilai Count 1D = 3,dan 2D = 3
6. Isilah nilai kotak Y
= 60 pada kelompok Incrumental Row Offsets
7. Klik Ok untuk
mengakhiri
Array 3D
adalah salah satu
penggandaan objek terhadap tiga buah sumbu
Langkah-langkahnya yaitu
;
1.Buatlah sebuah objek
Torus pada Top Viewport
2.Klik select
objek lalu pilih objek Torus tersebut
3.Klik menu Tools lalu
pilih Array
5. Klik
tombol 3D pada Array Dimension. Kemudian isilah nilai Count =
3 untuk 1D, 2D, dan 3D.
6. Isilah nilai Y =
100 pada baris 2D kelompok Incremental Row Offsets.
7. Isilah nilai Z =
100 pada baris 3D kelompok Incremental Row Offsets.
8. Setelah itu
klik OK untuk mengakhiri.
B. Tiwst
Modifier Twist merupakan
fasilitas untuk memuntir objek 3 dimensi.
Langkah – langkahnya
yaitu :
1. Buatlah sebuah objek
Box pada Top Viewport dengan parameters Length=40, Width=40, dan
Height=100.
2. Klik select
object lalu pilih objek Box tersebut.
3. Pada Command Panel
klik tab Modify lalu klik menu Modifier List,
kemudian pilih ikon Twist.
4. Ubahlah
nilai Angle dari parameters Twist dengan
nilai 90 dan Twist Axis Z.
EXTRUDE(Autodesk maya 2013)
Extrude
ini digunakan untuk membuat ketebalan dari objek 3d tersebut.
Langkah
– langkahnya yaitu :
1.Buatlah
sebuah Objek Poligon misalkan Cube
2.Klik
objek dan klik kanan pada mouse..pilih face untuk memilih sisinya
3.Lalu
pilih Edit Mesh->lalu Klik Extrude
4.Hasil
Dari Extrude
Operasi
Modify
Boolean merupakan operasi
matematika yang artinya beririsan.
1.Union
Union merupakan fungsi Boolean
dimana objek A dan Objek B digabungkan menjadi satu bagian atau satu objek yang
utuh. Nah anda juga dapat menggabungkan beberapa buah objek menjadi satu buah
objek yang utuh. Objek yang telah di union akan menjadi satu kesatuan yang
tidak dapat dipisahkan lagi, untuk itu hati-hati dalam melakukan union, cek
terlebih dahulu objek yang akan kita union pastikan tidak ada lagi yang salah.
1.Pertama2
saya akan menggambar 2 objek yaitu Cylinder dan Cube
2.Lalu
saya akan satukan dengan kedua gambar ini dengan Union
3.
Hasil dari Union
2. Intersection
Intersection merupakan fungsi Boolean
dimana objek A yang bersentuhan atau beririsan dengan objek B diambil menjadi sebuah
objek yang baru. Fungsi ini biasanya saya guanakn untuk menggambar
komponen-komponen pada mesin. Nah untuk lebih gampangnya akan saya jelaskan
dengan gambar berikut :
1.Pertama2
saya akan menggambar 2 objek yaitu Cylinder dan Cube
2.Lalu saya akan satukan dengan
kedua gambar ini dengan Intersection
3.
Hasil dari Intersection
3.Subtraction
Subtraction merupakan fungsi Boolean
dimana objek A dipotong atau dikurangi oleh besarnya bagian dari objek B yang
bersentuhan langsung dengan dengan objek A. Fungsi ini biasanya kita pakai
untuk beberapa bagian mesin dan membuat rumah. Contoh untuk rumah nanti akan
kita pakai membuat kusen jendela atau dinding rumah. Untuk lebih jelasnya coba
kita perhatikan gambar dibawah ini ,tapi dalam Autodesk Maya 2013 ini dinamakan
Difference
1.Pertama2
saya akan menggambar 2 objek yaitu Cylinder dan Cube
2. Lalu saya akan satukan dengan kedua gambar ini dengan Difference
3.Hasil
dari Subtraction/Difference
4.Cut
.Cut
adalah salah satu teknik untuk memotong sebagian objek tanpa harus menghapus
keseluruhan dari objek tersebut..dalam Autodesk Maya 2013 Cut Faces Tools
namanya perintah untuk memotong sebuah objek.Langkah-langkahnya sebagai
berikut:
1.Buat sebuah objek Poligon..yaitu Sphere:
2.Pilih Perintah Edit mesh -> Cut Faces Tools
3.Kita
tentukan garis yang kita potong dalam objek
4.Lihat Option Box-> Inputs->Ganti Delete Faces Menjadi On
5.Hasil dari Cut
- http://juvanister.blogspot.com/2010/10/perbedaan-grafis-2d-dan-3d.html
- http://www.scribd.com/doc/15930229/TI1Kelompok1
- http://dosen.narotama.ac.id/wp-content/uploads/2011/12/Modeling-dan-Animasi-3D-dengan-3D-Studio-MAX-2008-dan-2009.pdf